Tips Cerdas Untuk Desainer yang Ingin Menjadi Penulis yang Baik

Istilah ‘mendesain’ identik dengan kreativitas. Desainer adalah keterampilan paling efektif untuk komunikasi. Jadi apakah mereka mendesain atau menulis sesuatu, itu harus jelas bagi orang biasa. Kreativitas tidak memerlukan bank otak terstruktur, era yang mengalir pada keyboard Anda melalui peti mati imajinatif Anda.

Meskipun menulis, seperti mendesain, adalah bidang kreativitas, meskipun begitu para desainer sering memotong angka penyesalan ketika harus menuliskan ide-ide mereka. Keadaan seperti itu menciptakan situasi yang sangat rumit, karena di dunia profesional yang kompetitif ini, kita harus tahu tentang beberapa ‘keterampilan’ tambahan bersama dengan bidang keahliannya. Oleh karena itu, berkat beberapa tips berikut, saya akan mencoba membantu rekan desainer saya untuk menjadi penulis yang baik juga.

Fokus Kepada Topik

Ingatlah selalu topik tersebut, sambil menulis atau mendesain. Gali semua informasi yang terkait dengan topik internet atau sumber yang dapat dipercaya lainnya. Sejajarkan informasi itu dan kembangkan struktur darinya. Ingatlah untuk mengalihkan pikiran Anda hanya pada informasi yang berhubungan dengan topik dan jangan membesar-besarkan topik tersebut sampai pada titik di mana pembaca bosan.

Harus Memliki Pesan Moral yang Baik

Buat poin Anda jelas langkah demi langkah. Jangan campur aduk informasi karena mungkin banyak informasi tentang topik itu. Untuk menghindari percampuran informasi, buat poin dan kemudian aturlah. Tuliskan hal-hal penting terlebih dahulu. Cobalah untuk membuat tautan antara semua tujuan. Efisiensi penyampaian pesan tergantung pada hubungan yang lebih kuat antara tujuan. Buat poin dalam urutan menurun, yang akan membantu pembaca untuk memahami sudut pandang Anda. Gunakan font yang mudah dibaca dan bergaya. Cobalah untuk membeda-bedakan kata-kata penting yang membantu menyusun struktur topik dengan menyoroti, menjadikannya tebal, miring dan bergaris bawah atau dengan memanfaatkannya. Bersikaplah moderat dalam memilih font dan warna teks. Mengintensifkan font dan warna yang dapat mengacaukan pembacaan dan pemahaman.

Hindari Membuat Kalimat yang Berbelit-Belit

Cobalah untuk tidak menggunakan kata-kata omong kosong atau jargon teknis sambil menulis poin Anda kepada penulis Anda. Ingatlah bahwa orang tidak mengetahui latar belakang pekerjaan Anda. Jelaskan kepada mereka dengan kata-kata sederhana. Perjelas poin Anda dengan kata-kata atau slangs (jika perlu) yang dapat mereka pahami. Pikirkan dengan menempatkan diri Anda pada posisi mereka, dengan cara ini Anda akan dapat menunjukkan poin Anda dengan mahir. Jangan menggunakan kata-kata yang sulit karena orang mungkin tidak bisa mendapatkan maksud Anda, melainkan gunakan terminologi umum yang dapat dimengerti untuk semua orang.

Artikel Terkait : Mengapa Membaca Adalah Kebiasaan yang Baik Untuk Otak Kanan Kita

Ilustrasikan Inti dari Maksud Anda

Sebuah gambar bernilai ribuan kata, dan ini adalah poin yang benar ketika seorang desainer mencoba berkomunikasi melalui tulisannya. “Peragakan sudut pandang Anda dengan menggunakan ilustrasi grafis untuk penjelasan yang lebih baik. Itu akan menarik perhatian mereka. Tetapi sekali lagi, bersikap moderat dalam menggunakan diagram. Menjelaskan dengan contoh akan banyak membantu Anda untuk mengklarifikasi poin. Ini akan membantu orang lain untuk memahami tema Anda. Singkatnya, ‘diagram’ dan ‘contoh’ akan terbukti menjadi senjata yang luar biasa bagi Anda dan bagi para penonton.

Langgarlah Aturan yang Ada Demi Suatu Tujuan yang Baik

Ini akan menjadi kata yang diterima secara universal dalam tema Anda. Namun, untuk menekankan sesuatu agar topik Anda menarik, Anda dapat melanggar aturan itu. Jika Anda akan melanggar aturan untuk menulis skrip keren Anda dan jika itu masuk akal maka tidak ada masalah dalam tidak patuh. Sebagai contoh, saya melewatkan aturan tata bahasa di atas kalimat dan menggunakan bahasa gaul untuk menjelaskan maksud saya, itu masih bisa diterima. Jadi ini poin saya. Saya pikir saya sudah menjelaskan maksud saya dengan cara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *