4 Trend Arsitektur Terbaru Yang Semakin Populer

Trend Arsitektur Terbaru Yang Semakin Populer

Faktor lain yang biasanya menjadi pertimbangan saat mendesain dan memilih gaya arsitektur rumah, selain preferensi pribadi pemilik dan lingkungan, adalah tren arsitektur dalam fashion saat ini.

Berbicara tentang tren arsitektur, salah satu aspek arsitektur yang sering diabaikan adalah sering berubah dan berkembang seiring kemajuan gaya dan teknologi arsitektur yang ada. Untuk melihat lebih dekat tren arsitektur, simak 7 tren arsitektur populer yang disukai oleh para arsitek dan penggemar bangunan.

  1. Tren Arsitektur Masa Depan

Trend Arsitektur Terbaru Yang Semakin Populer

Salah satu arsitek dunia yang terkenal dengan gaya arsitektur futuristiknya adalah Zaha Hadid. Ciri khas arsitektur masa depan yang dipopulerkannya adalah warna dasar borderless (yang cenderung putih dan tidak berwarna) serta bentuk yang dinamis jauh dari jaman dahulu. Hal ini membuat banyak karya arsitektur masa depan menjadi landmark atau ikon dari area tempat mereka dibangun.

Baca Juga : 

Meski paling banyak diaplikasikan pada bangunan komersial berukuran besar, namun arsitektur masa depan perlahan mulai dikenal sebagai salah satu gaya arsitektur yang bisa menjadi pilihan untuk proyek arsitektur hunian, termasuk Indonesia.

Di banyak rumah dengan arsitektur lebih berani dan gaya futuristik, tren arsitektur ini menunjukkan bahwa permintaan mulai muncul. Siapa sangka, ternyata gaya futuristik tidak sepenuhnya menghilangkan suasana homy dari dalam rumah. Bisa dikatakan bahwa tren arsitektur masa depan adalah penerus dari apa yang mulai menjadi tren arsitektur modern beberapa tahun yang lalu.

  1. Tren Arsitektur Retro dan Vintage

Konsep lama sekarang sangat populer di berbagai bidang, dari musik hingga film. Dunia arsitektur juga dipengaruhi oleh panasnya retret retro dan vintage. Meski terlihat kuno, tren arsitektur retro dan vintage kembali dipopulerkan oleh generasi muda milenial.

Selain desain vintage itu sendiri, material retro dan vintage seperti ubin keramik terakota dan berbagai furniture dan aksesoris jati bergaya vintage kini dianggap instagramable oleh anak muda, sehingga popularitasnya semakin meningkat. meledak sekarang.

Penggunaan dekorasi yang indah seperti gramofon, piringan hitam, radio vintage dan berbagai peralatan vintage juga telah kembali menjadi tren populer karena tren arsitektur retro dan vintage ini telah menyebar. Ada banyak hal di sekitar rumah yang bisa Anda jelajahi untuk merepresentasikan nuansa fashion kuno.

Gaya arsitektur retro dan vintage dapat memberikan suasana yang hangat dan bersahabat dan sekarang telah menambah nilai artistik, itulah mengapa tren arsitektur ini sangat populer.

  1. Saya Masih Menyukai Arsitektur Industri

Tren Arsitektur Terbaru Yang Semakin Populer

Mengingat tingginya permintaan arsitektur industri dalam beberapa tahun terakhir, banyak yang sudah terbiasa dengan gaya arsitektur ini. Awalnya diterapkan pada lebih banyak ruang komersial publik, tetapi tren arsitektur industri mulai diterapkan pada konstruksi rumah. Misalnya saja dekorasi interior ruangan.

Penggunaan material ekspos dan elemen arsitektur yang jarang diaplikasikan pada rumah pada umumnya menjadikan gaya arsitektur ini pilihan semi konvensional.

Salah satu tanda bahwa tren arsitektural ini masih meningkat adalah munculnya produk-produk eksisting dengan variasi industri yang lebih banyak, seperti gerabah beton bertekstur dalam pipa dekoratif untuk melengkapi tampilan arsitektur industri. Tren arsitektur industri juga memungkinkan Anda untuk dengan bebas berkreasi dengan berbagai material yang tidak biasa dalam desain rumah Anda, membuat hidup lebih mudah dan nyaman.

  1. Trend Arsitektur Kulit Hitam Secara Keseluruhan Mulai Terlihat

Jika Anda berbicara tentang tren arsitektur, Anda juga dapat berbicara tentang warna. Setiap dekade, penerapan warna-warna estetika pada desain hunian selalu berubah mengikuti tren arsitektur yang ada.

Tren warna yang menonjol dalam beberapa tahun terakhir adalah gaya arsitektur yang menerapkan semua warna hitam atau mendominasi warna gelap. Misalnya, seluruh interior rumah berwarna hitam. Siapa sangka? Seringkali dianggap tidak biasa, warna ini memberi rumah Anda tampilan yang modern dan elegan.