6 Rekomendasi Agar Ruangan Tamu Lebih Nyaman

Ruang Tamu

Ruangan Tamu

Bagi banyak orang, keberadaan ruang tamu sangat penting karena diyakini dapat menentukan identitas pemiliknya. Ruang tamu dapat dibandingkan dengan pintu utama yang mewakili seluruh ruang tamu.

Dengan kata lain, ketika ruang tamu terlihat rapi dan bersih, para tamu dapat merasakan bahwa seluruh keluarga diurus oleh pemiliknya. Sesuai dengan namanya, fungsi utama ruang makan adalah untuk menerima tamu yang datang atau menyelenggarakan acara khusus di rumah.

Berbeda dengan ruang keluarga, ruang tamu memiliki nuansa formal. Karena itulah banyak keluarga yang memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga agar tetap memiliki ruang pribadi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena pekerjaannya sangat penting, penting untuk mempelajari cara mengatur masa Anda dengan benar sehingga para tamu merasa nyaman dan memberikan kesan yang baik.

1. Mengoptimalkan Ukuran Dan Furnitur Ruang Tamu

Aturan pertama mendekorasi ruang tamu Anda adalah mengetahui ukuran ruangan. Langkah ini sangat penting agar barang yang Anda beli tidak sempit atau sesak. Penataan objek besar membatasi ruang dan menciptakan ilusi ukuran dari pada keindahan.

2. Menyesuaikan Warna Pada Ruangan

Karena ini adalah ruang pertama yang terlihat seperti apartemen, sangat penting bahwa ruang tamu terlihat nyaman dan nyaman. Triknya adalah memilih warna yang tepat dan menghindari warna besar bermotif karena dapat mengiritasi mata Anda.

Anda bisa memilih warna seperti warna tanah, natural atau pastel yang bisa menciptakan suasana hangat dan sejuk. Cara menata ruang tamu ini memudahkan dalam memilih bahan dan warna tambahan untuk furnitur tambahan yang akan ditempatkan di ruang tamu.

3. Pilih Titik Tengah Pada Ruangan

Kurang penting dari pada memilih skema warna, menemukan titik fokus untuk ruang tamu Anda dapat membantu dengan desain furnitur. Misalnya, jika warna putih dominan di ruang tamu Anda, pilihlah meja kayu dengan aksen hijau sebagai focal point ruangan.

Tempatkan meja di sudut pertama yang Anda lihat saat memasuki ruang tamu, lalu atur sofa dan perabotan lain di sekitarnya. Cara mendekorasi ruang tamu ini bisa membuatnya terlihat sangat luas dan bersih.

Baca Juga : Warna Cat Rumah Minimalis Untuk Ruang Tamu

4. Perhatikan Pencahayaan Di Dalam Ruangan

Ruang Tamu

Sebagai salah satu hal terpenting dalam ruangan, pastikan pencahayaan di ruang tamu tertata dengan baik. Anda tidak hanya dapat memanfaatkan cahaya alami dengan memasang jendela besar, tetapi juga menambahkan berbagai jenis cahaya ke dalam ruangan.

Untuk menjaga keseimbangan, gunakan lampu dengan panjang mata yang berbeda, seperti lampu overhead, lampu meja, dan lampu downlight. Setiap lampu dapat menciptakan kesan yang berbeda, dengan meletakkan lampu lantai di samping sofa untuk menghangatkan ruangan dan mempermudah membaca.

5. Sisakan Ruang Antara Furnitur Dan Dinding

Teknik ini mungkin tampak tidak efektif, tetapi menyisakan ruang antara furnitur dan dinding dapat menciptakan ilusi ruang tamu yang lebih besar. Anda bisa mengaplikasikannya untuk mencegah hal-hal seperti sofa menempel langsung ke dinding. Selain terlihat nyaman, jenis dekorasi di ruang tamu ini bisa mencegah kulit duduk di kulit akibat kelembapan.

6. Buat Suasana Atau Menata Furnitur Yang Tepat

Ruang tamu harus menjadi tempat yang nyaman untuk berbicara dengan tamu. Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan bersahabat, Anda dapat menggunakan sistem dekorasi ruang tamu, menata kursi atau kursi berbentuk huruf “L” atau “U”.

Mendekatkan sofa dan kursi memungkinkan orang untuk berbicara dengan bebas tanpa menggunakan suara mereka. Ini akan membuat pikiran Anda bahagia. Tempat duduk yang nyaman dan nyaman adalah kunci keindahan ruang tamu. Selain itu, saat memilih rumah, jangan lupa untuk mempertimbangkan bentuk dan ukuran ruang tamu.