Daftar Istilah Dan Sebutan Terlengkap Mengenai Perumahan

Selain apartemen, banyak orang memilih perumahan berupa perumahan di beberapa kota besar, baik di pusat kota maupun di pinggiran kota. Perumahan ini berbeda dengan perumahan lainnya. Baik itu bentuk bangunan dalam istilah yang digunakan oleh pengembang untuk memudahkan berbagi lokasi. Misalnya sistem cluster to one gate system, komersial, tabloid, RTH (ruang terbuka hijau). Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami istilah-istilah yang biasa digunakan di kawasan pemukiman. Padahal, Anda perlu familiar dengan istilah ini, terutama sebelum membeli salah satunya.

Menurut definisi, rumah adalah bagian dari pemukiman yang lengkap. Memiliki struktur fisik berupa ruangan-ruangan, taman-taman, dan areal-areal yang berdekatan yang digunakan sebagai tempat tinggal dan sarana memulai sebuah keluarga. Seperti yang Anda ketahui, rumah ini adalah tempat di mana Anda dapat bersantai, mengungsi, memperkuat kerabat, dan melambangkan status sosial Anda di masyarakat.

Istilah Residence

Nah, itu sudah disebutkan sebelumnya. Sebuah tempat tinggal adalah kelompok konseptual atau desain bangunan. Tipe hunian biasanya sesuai dengan tipe dan ukuran rumah. Hanya ada beberapa unit hunian di gedung ini yang rata-rata menawarkan konsep desain sederhana dan minimalis. Karena lokasinya, biasanya tidak di pusat kota.

Istilah Rumah Hook

Beberapa orang akrab dengan istilah rumah hook, tetapi tidak memahami arti sebenarnya. Hookhouse adalah rumah yang terletak di sudut cluster dengan area terbuka di bagian depan dan satu sisi. Biasanya kedua sisi menghadap ke jalan. Hookhouse terletak di kedua ujung cluster perumahan.

Istilah Boulevard

Istilah pertama adalah boulevard. Boulevard biasanya merupakan jalan utama di kompleks perumahan dengan barisan yang cukup besar. Maka tidak heran jika rumah di Jalan Boulevard memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan di daerah lain. Istilah itu sendiri mengacu pada bahasa Prancis, yang diperkenalkan pada tahun 1435.

Istilah Club House

Tidak seperti model perumahan lainnya, perumahan biasanya memiliki clubhouse atau fasilitas umum yang dapat digunakan penghuni untuk satu set biaya perawatan. Clubhouse memiliki banyak fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, ruang serbaguna dan lapangan olahraga. Tentu saja, semua objek ini bergantung pada luas lahan yang disediakan pengembang. Seperti halnya rumah di kawasan boulevard, rumah di cluster clubhouse pribadi dekat dengan akses sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Isitilah Cluster

Bergantung pada luas cluster yang dibuat oleh pengembang, Anda perlu mengetahui apakah cluster terdiri dari satu atau lebih blok. Cluster adalah istilah untuk konstruksi perumahan yang mengacu pada area dan blok tertentu. Cluster dibuat untuk memudahkan pendataan penduduk, sehingga dapat dengan mudah mengidentifikasi rumah-rumah di cluster tersebut. Banyak orang biasanya kesulitan membedakan cluster dan tempat tinggal. Dapat dibedakan berdasarkan lokasi, tipe bangunan, dan tipenya. Cluster biasanya dibangun di kawasan perkotaan dengan tipe dan tipe bangunan yang berbeda-beda. Rumah berukuran sedang cenderung dibangun di pinggiran kota, kebanyakan tipe bangunan minimalis dan seragam.

Istilah Kota Mandiri

Kota Mandili berarti para pengembang sedang membangun kawasan pemukiman yang terawat baik di pusat kota. Misalnya sekolah, universitas, rumah sakit, perkantoran, mall dengan akses berbayar. Salah satu kota mandiri terbesar dan terkenal di Indonesia adalah BSD City di Tangerang Selatan yang luasnya sekitar 6000 hektar. Dengan kata lain, ini seperti kawasan terpadu. Hampir semua rumah di wilayah Mandili mengalami kenaikan harga dan nilai investasi yang sangat tinggi selama masa pembangunan.

Baca juga selanjutnya : Rekomendasi Dekorasi Tangga Di Rumah

Istilah One Gate System

Demi keselamatan warga, sebaiknya pengembang membangun cluster dengan sistem single gate. Oleh karena itu, sebuah rumah hanya memiliki satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Tidak hanya ada penjaga di pintu gerbang, tetapi juga disediakan pengawasan video dan tidak ada akses lain ke jalan kecuali satu jalan, yang biasanya dilengkapi. Selain itu, pada rumah yang menggunakan sistem cluster single gate, penghuni umumnya dilarang membangun pagar. Pasalnya, keindahan dan estetika cluster itu sendiri.